Pengalaman terbaik awal masuk BINUS

Halo guys, kenalin dulu nama gua sabda Halilintar kobla Ramadhan. Gua binusian 2020 dari GAT (game application and technology). Gua bakal ceritain pengalaman gua saat fep atau bisa dibilang ospeknya dibinus. Mungkin dari kalian kalo denger kata ospek itu masa masa pembalasan kaka kelas saat masuk kuliah dulu atau bisa disebut juga pembullyan terhadap mahasiswa baru tapi dibinus bener bener ngga ada kaya begituan lu ngga disuruh bikin name tag , bawa bawa makanan yang namanya aneh, pake banda, kunciran atau apalah yang biasa dilakukan pas ospek smp dan sma. Dibinus lu malah dibimbing sampai awal masuk perkuliahan.

Mungkin dari kalian ngga tau kepanjangan dari FEP. Kepanjangan FEP yaitu RESHMEN ENRICHMENT PROGRAM. FEP bertujuan untuk mengenali lingkungan Binus University dan dunia perkuliahan. FEP dibagi menjadi 3 bagian  yaitu GO (General Orientation),  AO (Academic Orientation), dan CLO ( Campus Life Orientation).  Go itu General Orientation dimana mahasiswa dan mahasiswi akan di bimbing untuk mengenal lingkungan Binus University dan registrasi perkuliahan dan Mengenal Buddy Coordinator(BC) atau pembimbing mahasiswa dan mahasiswi. Go berlangsung selama 1 minggu. Dalam go kita akan digabungkan dengan jurusan lain. Kita akan berkenalan dengan teman teman baru kita yang sejurusan dan tidak sejurusan. Kita akan tau apa saja yang diperlukan dalam perkuliahan, system perkuliahan, dan kita juga akan menyanyikan lagu mars binus dan mars binusian. Kita juga diperlihatkan apasaja ekskul ekskul dan hmj di auditorium yang udh kaya bioskop gedenya. saat hari terakhir setiap  kelas akan membuat yel yel dan tampil didepan kelas lain disitulah kita harus bekerja sama dengan yang lain. Dan diadakan expo dimana kita memilih ekskul yang kita mau. Banyak sekali ekskul dibinus dari semua jurusan biasanya ada ekskul mereka masing masing yang bisa jurusan lain ikuti. Selama dibinus kita harus wajib membawa kartu id card kita karena untuk absen kehadiran dibinus haru membutuhkan id card.

Setelah go kita akan diberitahu tempat pelantikan sebagai mahasiswa dan mahasiswi baru dibinus tepatnya diselenggarakan diJCC senayan. Setelah pelantikan kita diperbolehkan mengenakan almamater binus

Minggu selanjutnya kita melaksanakan AO yaitu Kurikulum dari masing-masing program/jurusan,Study Skill,Materi dasar program/jurusan dan mengenal dosen/pembimbing akademik. DiAO kita akan mulai belajar tetapi hanya simulasi saja kita akan diajakan oleh dosen dan rasanya tuh ah sudah lah pokoknya sangat beda sekali dengan sma, smp, sd dimana kita harus mencerna sendiri apa yang dikatakan oleh dosen tetapi mungkin diAO dan saat kuliah yang benerannya itu berbeda mungkin dosen dosen akan lebih serius ngajarnya atau lebih susah dimengerti. Diakhir ao akan ada ujian. Materi yang diujiankan yaitu materi yang diajarkan dosen selama AO kemaren. Ujiannya cukup lumayan susah atau mungkin kitanya yang masih belom mengerti.

Biasanya setiap HMJ akan mengadakan sbuah acara yang cukup besar kalo saya acara itu HTTP. Jadi apa sih HTTP itu? Jadi HTTP adalah HIMTI Togetherness and Top Performance yaitu adalah sebuah acara khusus bagi mahasiswa baru SoCS (School of Computer Science) yang ada di Binus yang diselenggarakan oleh HIMTI yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Binus. Mungkin dari kalian ko anak GAT bisa ikut acara anak teknik informatika, bukan karena namanya ada teknik informatika tetapi himti itu HMJ yang menampung semua anak SOCS. Acara tersebut dilaksanakan di auditorium gedung BPPT 2.Acara dimulai dari sambutan para ketua HIMTI Binus , kemudian dilanjutkan perkenalan dari dosen-dosen Teknik Informatika setelah itu ada talk show. Dan ada juga acara visualisasi himti mungkin diacara itu semua penonton sedikit bosen dan ngantuk disitulah anak anak mulai tidur dan lain lain Setelah acara tersebut ada acara pemakaian almamater sebagai peresmian  sebagai anggota HIMTI dan hadirnya  guest star dan  perform dari DJ yang pastinyan membuat acara makin menarik dan meriah.

Setelah GO dan AO akan memulai dunia yang baru yaitu dunia perkuliahan yang dilaksankan atau bisa disebut juga  CLO. CLO itu Membiasakan diri dengan jadwal kuliah,Peningkatan kemampuan bahasa inggris,Adaptasi dunia perkuliahan,(cara menghitung IPK,mengatur waktu dan Campus tour).

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.